Afrijal Dzuhri

a learner.

Deploy React App di Firebase Hosting

2019-08-191 min read

Di firebase terdapat fitur Firebase Hosting sebagai penyedia tempat untuk kita mendeploy web app, dengan konten yang statis maupun dinamis, juga microservice.

Disini saya akan mencontohkan dengan aplikasi react yang baru saya inisialisasi dengan create-react-app. Sebelumnya install dahulu firebase cli npm i -g firebase-tools untuk mengatur project firebase.

Pada saat firebase-tools sudah terinstall, lakukan login ke firebase-cli tersebut dengan perintah firebase login masukkan credential email dan password yang digunakan untuk masuk ke console.firebase.google.com, setelah berhasil maka akan muncul informasi sudah login ke dalam firebase-cli.

Login firebase cli

Setelah login melalui firebase-cli, kemudian buat project di firebase console https://console.firebase.google.com/

Add firebase project

Add firebase project 2

Jika project di firebase sudah dibuat saatnya menghubungkan project react ke firebase dengan bantuan firebase-cli.

Masuk ke root directory project react di terminal kemudian ketikkan firebase init maka akan muncul beberapa langkah untuk setup project.

Pertama akan muncul pilihan fitur dari firebase apa yang akan digunakan untuk project ini, karena sekarang akan menggunakan firebase hosting maka arahkan ke Hosting lalu pilih dengan spasi, kemudian enter.

Init firebase hosting

Setup kedua adalah project firebase di console mana yang akan kita gunakan, pilih nama project yang tadi dibuat.

pilih project firebase

Kemudian akan muncul setup untuk folder mana yang akan di deploy ke firebase hosting, masukkan build karena folder hasil build project react bernama build dan itu nanti yang akan langsung dideploy.

folder build

Selanjutnya adalah setup untuk konfigurasi SPA, ketikkan y lalu enter. Maka setup konfigurasi sudah selesai. Kita bisa melihat pengaturan tersebut di file .firebaserc dan firebase.json

pilih y

Sebelum kita akan coba mendeploy project ini ke firebase hosting saya ganti isi dari web agar tidak menggunakan template default bawaan create-react-app

Ubah isi

Agar tidak mengetikkan perintah dua kali pada saat akan mendeploy, tambahkan script di package.json di bagian scripts dengan "deploy": "yarn build && firebase deploy",

Menambahkan script deploy

Untuk mendeploy project ke firebase hosting, ketikkan perintah yarn deploy dan voilaa!

project sudah berhasil dideploy ke firebase