Yang Sekarang Saya Lakukan

Halaman ini terinspirasi oleh halamannya Derek Sivers melalui blognya mas Fariz Rizaldy dan hasilnya juga menginspirasi mas Wayan Jimmy, mas Choirul Mahendrata Harpi, juga mas Satya Kresna diikuti juga mas Nusendra. Karena kata Derek Sivers, jika punya situs sendiri harusnya bikin juga. Selengkapnya bisa lihat disini.

Karir

Saya sekarang bekerja sebagai backend developer di salah satu startup di Yogyakarta. Karena startup, jadi kerjaan saya membangun API untuk komunikasi data yang nantinya akan dikonsumsi di bagian depan.

Tinggal

Sekarang saya tinggal di dua tempat, untuk sehari-harinya saya tinggal di daerah komplek UGM, perumahan Grand Harmony Residence daerah Karangwuni, Caturtunggal. Karena saya mungkin termasuk orang yang mendekati introvert jadi dua hari sekali saya balik kos untuk menikmati waktu sendiri, tidur dan mengambil baju ganti di kos yang tempatnya di sekitar daerah UMY, juga untuk akhir pekannya jika saya tidak balik kampung.

Kesibukan

Selain kerja, kerja kerja, saat ini saya sedang menghandle beberapa kegiatan. Diantaranya:

  • Wonogiri Dev, komunitas lokal dari daerah asal saya yang masih belum jelas kemana arahnya wkwkwk
  • Nulis Tiap Minggu, ini grup kecil dan baru beranggotakan kurang dari lima orang, berisi temen yang semangat nulis namun tidak ada rival untuk mendongkrak semangatnya. Tentu ada reward dan punishment jika melanggar aturan. Saya sebagai koordinator disana.
  • Personal Project. Ini project pribadi sih, seperti pengen belajar apa. pengen ngembangin apa. Pengen bikin apa, ditiap minggunya. Termasuk menulis di blog.
  • Akan lebih sering pulang untuk melihat keadaan ternak. Yaa saya mulai berternak hewan di kampung hahaha.

Keseharian

Saya tiap hari bangun pagi, sebagai muslim saya menjalankan ibadah di pagi hari. kemudian jam 6 tidur lagi. Sampai biasanya sekitar jam 8 kebangun dan mulai bikin kopi di dispenser lalu buka laptop. Seringnya tiap pagi ngecek email dan menghapusnya kalo ga penting, ngecek sosmed (facebook twitter instagram) kalo ga ada notifikasi langsung diclose, ngecek medium kalo ada artikel menarik dibaca bentar, ngecek github kalo ada repository menarik dilihat-lihat terus dikasih star.

Kemudian mandi dan biasanya teman saya sudah membeli makanan (biasanya setiap pagi makannya soto) dan makan bersama di ruang makan. Kalo engga saya makan di burjo deket komplek dengan menu favorit, Nasi Orak Arik dan minumnya Es Capucino G**dDay. Setelah makan atau kembali dari burjo saya membuat minuman favorit saya, dancow coklat untuk menemani saya ngoding.

Jam 9 sampai jam 5 berjalan monoton seperti biasanya, terjeda di siang hari untuk pergi ke masjid yang harus naik motor karena lumayan jauh dan makan siang.

Karena sekarang kuliah sudah masuk, jadi di jam setengah 5 saya harus berangkat ke kampus buat dengerin dosen nerangin sesuatu. Kalo saya merasa excited dengan topiknya saya mencoba memperhatikan, kalo engga biasanya cuman mainan hp baca sesuatu, atau baca novel di kelas hahaha.

Pulang kuliah sekitar jam 9, tergantung berapa matkul, tapi biasanya jam segitu. Saat malam hari, sepulang kuliah saya biasanya langsung nyari makan, terus baru buka laptop lagi dan bikin sesuatu kalo lagi pengen bikin sestuatu, nulis kalo ada yang perlu ditulis, belajar nulis tulisan jepang (Hiragana, katakana) ya saya lagi pengen banget pengen bisa nulis bahasa Jepang, atau kalo engga nyicil baca buku yang belum kebaca. Saya mulai meninggalkan Dota sejak Juni kemarin kalo ga salah. Semenjak ada Dota plus dan update an selanjutnya gamplay terasa berat. Saya juga bukan orang yang suka main game di handphone.

Kalo sudah ngerasa ngantuk, biasanya antara pukul 23.00 – 01.00, mulai buka youtube dan dengerin video buat sebagai penghantar tidur. Saya tipe orang yang harus ada suara untuk bisa tidur, juga harus tidur dalam keadaan gelap.

Selainnya

  • Saya juga sedang belajar React. Baca banyak artikel tentangnya, nonton video cource, dan mantengin forum forum komunitasnya. Senangnya, saya sudah gunain react di project real di kantor saya, jadi belajar sekalian dipraktikin.
  • Di tiap minggunya, saya berusaha untuk menulis artikel minimal 2 post. Selain untuk diri sendiri, ini juga untuk menyemangati temen-temen saya dalam program Nulis Tiap Minggu.
  • Tiap bulan, saya berusaha membaca dan membeli buku, karena dengan membaca wawasan jadi luas, juga karena merupakan investasi yang jelas balik modalnya. 
  • Sedang berusaha menyelesaikan 40 daftar film yang wajib ditonton sebelum meninggal https://www.imdb.com/list/ls019137367/. Takutnya nanti pas udah meninggal dan belum nyelesaiin film-film itu terus nyesel. wkwkw
  • Daftar buku bacaan yang sudah saya baca bisa dilihat di https://www.goodreads.com/afrijaldz. Meskipun sudah lupa apa aja yang sudah dibaca, sekarang sudah mulai saya tata biar kalo ada yang minta rekomendasi buku saya bisa menjawabnya.
  • Daftar musik yang saya suka bisa dilihat di spotify saya.
  • Lagi pengen belajar bisa nulis Bahasa Jepang terutama Hiragana buat awalan. Saya subscribe channel https://www.youtube.com/channel/UC0ox9NuTHYeRys63yZpBFuA di Youtube dan mengupayakan sehari minimal nonton satu videonya, lalu mraktekin.
  • Sebenernya lagi bimbang juga sih, pengen belajar piano. Tapi melihat waktu yang udah ngga ada longgarnya lagi kayaknya diurungkan dulu. Sayang kalo udah beli alatnya terus ngga kepake.

Sekian semoga ada faedah yang bisa diambil. Syukur-syukur bisa jadi inspirasi buat yang lain. Terima kasih sudah nyempetin membacaa.

 

update terakhir 12 September 2018