Pentingnya Berkomunitas

Banyaknya komunitas programmer yang makin hari makin menjamur membuat ekosistem yang ada menjadi lebih baik. Mulai dari komunitas yang ada di Sekolah/Kampus, dari daerah, dan komunitas yang berdasarkan teknologi yang dipakai, misalnya yang saya tau :

  • Rack Spira, Komunitas IT di Kampus STMIK Akakom.
  • JogjaJS, Komunitas yang ada di Jogja membahas tentang Javascript dan Teknologi seputarnya.
  • JakartaJS, Komunitas JS yang ada di Jakarta.
  • BaliJS, Komunitas JS yang ada di Bali.
  • SidoarjoDEV, Komunitas developer dari Sidoarjo.
  • SANDEC, Komunitas Android Developer dari Semarang.
  • ProbolinggoDev, Komunitas developer dari Probolinggo.
  • PHPIndonesia, Komunitas programmer terbesar di Indonesia.
  • NodeJS Indonesia, Komunitas pengguna NodeJS di Indonesia
  • dan masih banyak lagi

Menurut saya berkomunitas sangatlah penting untuk kita belajar. Karena dengan berkomunitas kita jadi tidak sendiri dalam belajar, ada temannya. Sehingga kita bisa mengetahui apa yang perlu kita pelajari juga bisa menjadi tolak ukur kita sejauh mana kita sudah mempelajari suatu hal. Juga kita bisa berbagi hal yang sudah kita pelajari, dengan itu kita juga sekalian belajar speaking. Jadi, skill yang kita miliki akan terus bertambah.

Selain skill yang kita dapatkan, dengan ikut dalam suatu komunitas kita bisa mendapatkan teman baru. Teman baru berarti relasi baru. Semakin banyak relasi yang kita miliki, maka semakin mudah juga kita nanti akan mendapatkan pekerjaan.

Saat ini selain mengikuti komunitas yang ada di daerah tempat berdomisili, JogjaJS, saya bersama teman-teman saya juga sedang merintis komunitas dari daerah saya berasal, yaitu WonogiriDev

Hal yang melatar belakangi saya dan teman-teman membuat komunitas ini karena saya ingin Wonogiri maju dengan teknologi juga menjadi pintu bahwa komunitas IT  di Wonogiri itu ada dan anggota-anggotanya aktif dalam berbagi, meski sekarang anggotanya baru berlima yang aktif. Sekarang saya dan teman-teman sedang mencari teman baru lagi untuk diajak belajar bersama.

Pak Onno W. Purbo pernah menyampaikan, “kenapa di Amerika, Eropa dan negara-negara maju lainnya sangat maju dan perkembangannya pesat, salah satunya karena pertukaran ilmu dan informasinya sangat cepat juga. Sedangkan kenapa negara kita masih terus berkembang, karena masih banyak orang yang memiliki suatu ilmu namun enggan untuk berbagi”.

Semoga dengan adanya banyak komunitas yang ada ini, semakin banyak juga yang berbagi. Dengan itu ilmu yang dimiliki bertambah, juga bermanfaat bagi orang lain.


bangun tidur, bingung mau ngapain
Senin, 11 Juni 2018
di Residence Inn PKU Muhammadiyah
Gombong, Kebumen
Jawa Tengah

Published 11 Jun 2018

    Software Engineer | Javascript Enthusiast
    Afrijal Dzuhri on Twitter